Peringatan Hari Lahir Pancasila, Momentum Perkuat Nilai-nilai Kebangsaan

By Admin

nusakini.com--Sebagai wujud pemaknaan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, setiap warga negara Republik Indonesia harus lebih merasa memiliki bangsa dan negara, tidak terkecuali bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Menteri Pebdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengingatkan agar para ASN menjadikan hari lahir Pancasila sebagai momentum untuk memperkokoh nilai-nilai kebangsaan. 

Sebagai penyelenggara negara, ujar Asman, pegawai ASN harus memaknai hari lahir Pancasila sebagai sebuah semangat memperbaiki negeri ini. Segala kepentingan harus terkait dengan negara bukan justru untuk kepentingan kelompok maupun pribadi, karena Pancasila merupakan dasar negara. 

"Segenap ASN harus memaknai hari lahir Pancasila sebagai semangat kerja. ASN harus mengedepankan kepentingan negara," ujarnya dalam acara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Kantor Kementerian PANRB, Kamis (01/06). 

Agar semangat Pancasila tidak mudah luntur, Menteri berharap agar generasi muda dapat memperdalam makna hari lahir Pancasila. Selain itu ia mengingatkan agar semangat kerja ASN tidak kalah dengan swasta. "Jadikan hari lahir Pancasila sebagai semangat memperbaiki pelayanan bagi masyarakat," tegasnya. 

Menteri Asman juga minta agar seluruh ASN senantiasa menjaga kekompakan, karena menurutnya dengan kekompakan, seluruh permasalahan dapat dicarikan solusinya, selain meringankan pekerjaan yang dianggap sulit. 

Serangkaian acara peringatan hari lahir Pancasila di Kementerian PANRB dimulai dengan kegiatan upacara bendera, selanjutnya diisi dengan perlombaan menyanyikan lagu bernuansa kebangsaan oleh para pejabat eselon I dan para pegawai Kementerian PANRB di setiap unitnya. Kemudian arahan dari Menteri PANRB terkait hari lahir Pancasila dan ditutup dengan dialog kebangsaan bersama Yudi Latief. 

Selain para pejabat di lingkungan Kementerian PANRB, kegiatan juga dihadiri oleh perwakilan kementerian dan lembaga serta instansi yang tergabung dalam paguyuban PANRB. (p/ab)